Cara Mudah Membuat Takoyaki Sendiri Di Rumah

Takoyaki, sesuai namanya, kudapan yang satu ini merupakan jajanan khas Jepang tepatnya berasal dari daerah Kansai. Di daerah asalnya, takoyaki merupakan jajanan tradisional atau jajanan rakyat.
Takoyaki biasanya dijajakkan di pinggir-pinggir jalan oleh pedagang kali lima dengan harga yang relatif murah. Kendati demikian, rasanya tak kalah lezat dengan jajanan modern atau makanan cepat saji bahkan lebih sehat dan bergizi karena tanpa bahan pengawet.


Di negara asalnya, resep takoyaki sederhana tersusun atas bahan dasar yang berupa tepung terigu dan beberapa bahan isian. Cara membuat takoyaki sederhana juga terbilang mudah,  adonan dimasak menggunakan loyang/cetakan khusus serta menggunakan pengembang kue. Didalamnya diisi dengan potongan gurita dan beberapa macam sayuran, biasanya yang paling sering digunakan adalah kol dan daun bawang atau seledri.
Takoyaki biasanya disajikan dalam keadaan hangat, dengan diberi topping beberapa macam saus seperti saus mayones dan saus takoyaki. Disajikan dalam kemasan yang menyerupai perahu dan dimakan dengan menggunakan tusuk gigi.
Di negara kita sendiri, takoyaki kini semakin populer. Jajanan tradisional Jepang yang biasanya dijajakkan di food court, pameran-pameran kuliner atau di area-area yang menyedikan menu masakan Jepang kini semakin merakyat dan populer di Indonesia. Di ibu kota sendiri, tercatat ada beberapa usaha waralaba takoyaki yang membuat jajanan ini semakin dikenal publik.

RESEP TAKOYAKI SEDERHANA ALA JEPANG


Di Jepang, takoyaki juga dikenal dengan sebutan bola-bola gurita. Nama tersebut memang diambil menurut bahan pembuatnya yang menggunakan gurita sebagai isian. Sementara di negara kita, gurita jarang ditemui di pasar-pasar tradisional, jadi bahan dasarnya bisa kita sesuaikan dengan bahan yang tersedia.
Kita bisa menggunakan cumi, udang, bahkan daging ayam. Namun untuk mempertahankan rasa aslinya, cumi-cumi lebih cocok dijadikan pilihan, semua tergantung selera. Berikut adalah bahan-bahan yang kita persiapkan untuk membuat takoyaki special khas Jepang.
BAHAN RESEP TAKOYAKI SEDERHANA
  1. 250 gr tepung terigu
  2. 3 btr telur ayam, ambil putihnya 2 saja
  3. 250 ml kaldu ayam cair
  4. 1/2 sdt baking powder
  5. 1 sdt garam
  6. penyedap rasa (opsional)
  7. air secukupnya

BAHAN ISIAN

  1. 200 gr cumi, rebus dan potong kotak kecil-kecil
  2. 50 gr kol, iris halus
  3. 1 btg daun bawang, iris tipis
  4. 1 btg seledri, iris halus
  5. 1 sdt garam
  6. penyedap rasa (opsional)

BAHAN PELENGKAP

  1. saus mayones
  2. saus takoyaki
  3. rumput laut
  4. irisan daun bawang

CARA MEMBUAT TAKOYAKI SEDERHANA ALA JEPANG

  1. Kocok lepas telur ayam. tuangkan kaldu cair sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga benar-benar tercampur.
  2. Satukan tepung terigu, baking powder, garam dan penyedap rasa (opsional) bila suka. Tuangkan campuran telur dan kaldu cair kedalamnya sedikit demi sedikit sambil diaduk agar tidak menggumpal. Tambahkan air seperlunya dan atur kekentalan namun jangan sampai terlalu encer.
  3. Untuk isian, campur semua bahan dan aduk rata.
  4. Saatnya memasak, panaskan loyang cetakan dan beri minyak kurang lebih sepertiga dari kedalaman lubang setiap cetakan.
  5. Tuang adonan takoyaki kedalam setiap lubang cetakan, jangan terlalu penuh, cukup setengah dari ukuran lubang. Masukkan isian dan tuang lagi adonan untuk menutupnya.
  6. Masak hingga matang dan mengembang, balikkan menggunakan lidi atau sumpit untuk mematangkan bagian atasnya.
  7. Angkat dan sajikan bersama dengan saus serta rumput laut dan irisan daun bawang.

Cara membuat takoyaki sederhana ini sangatlah mudah, namun rasanya dijamin maknyus jika kita membuatnya dengan menggunakan bahan pilihan. Untuk isian, silahkan disesuaikan dengan selera dan ketersediaan bahan. Jika tidak suka cumi, kita bisa menggunakan udang kupas atau seafood lainnya atau juga bagi yang tidak suka seafood bisa menggunakan daging ayam. Bagaimana sobat, tertarik untuk mencoba resep takoyaki sederhana ala Jepang?
Previous Post
Next Post

Popular Posts